EFEK DOMINO 3 TINGKAT

KECOA

Apa itu efek domino 3 tingkat/ tertiary kill?

Efek domino 3 tingkat (tertiary kill atau transfer tersier) merupakan tipe transfer horizontal dari insektisida. Transfer hosrisontal terjadi ketika insektisida diteruskan diantara individu serangga dalam populasi yang sama. Penelitan telah menunjukkan serangga pendonor dapat meneruskan bahan aktif ke serangga penerima pertama, yang mana menjadi serangga pendonor kedua.

Sebagai contoh, seekor kecoa dewasa yang mengkonsumsi Advion Cockroach dalam jumlah dosis yang mematikan dapat mematikan banyak nimfa kecoa (kematian sekunder). Nimfa-nimfa ini kemudian menjadi pendonor dan bila dikonsumsi oleh kecoa yang masih hidup dapat membunuh kecoa tersebut (kematian tersier).

Pada studi laboratorium di Universitas Purdue-Amerika, ditemukan bahwa satu bangkai kecoa yang mati karena Advion Cockroach mampu membunuh 76% populasi nimfa dalam 72 jam. Nimfa-nimfa yang mati ini kemudian menjadi sumber makanan bagi 20 kecoa dewasa yang lain. Bangkai nimfa tersebut mengandung indoksakarb yang cukup untuk membunuh 81% populasi dari kecoa dewasa dalam kurun waktu 72 jam. Jadi, dari 1 kecoa yang memakan Advion cockroach pada akhirnya mengendalikan 54 anggota keluarga dalam satu koloni.

Apa yang membuat terjadinya transfer horisontal diantara kecoa?

Terdapat 3 cara yang memungkinkan bahan aktif diteruskan dari kecoa satu ke kecoa lainnya:

  1. Coprophagy, yaitu mengkonsumsi kotoran/feses. Nimfa kecoa memakan kotoran kecoa dewasa
  2. Necrophagy, yaitu mengkonsumsi bangkai kecoa yang sudah mati
  3. Emetophagy, yaitu mengkonsumsi sekresi yang dikelurkan dari kecoa yang sekarat

Ketiga cara tersebut berkontribusi dalam proses penerusan indoksakarb ke seluruh populasi kecoa. Karena sifat indoksakarb yang berkerja lambat, kecoa yang sekarat ketika kembali ke sarangnya menjadi alat untuk meneruskan indoksakarb ke nimfa kecoa yang sulit dijangkau, karena nimfa lebih sering untuk menetap di sarang.

Advion Cockroach gel bait sangat menarik dan disukai oleh berbagai spesies kecoa, sehingga cocok untuk digunakan dalam program pengendalian hama terpadu baik di area perumahan maupun industry. Hal ini membuat Advion Cockroach gel sebagai alat yang baik digunakan ketika terjadi infestasi kecoa yang tinggi dan memujudkan lingkungan yang bebas kecoa bagi pelanggan Anda.